Pegagan Tumbuhan Nutrisi Bagi Otak Manusia

Pegagan tumbuhan sayur yang memiliki khasiat herbal luar biasa

Pegagan Tanaman Sayur Yang Berfungsi Sebagai Obat Segala Jenis Penyakit.
Pegagan ( Centella Asiatica Urban ) adalah sejenis tanaman herbal atau tanaman rempah dengan banyak manfaatnya,” ujar peneliti tanaman obat dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Latifah K Darusman MS.

Pegagan juga diketahui sebagai lalapan untuk nutrisi otak manusia, karena mengandung beberapa komponen bioaktif seperti terpenoid, steroid (triterpenoid), dan bahanbahan aktif lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan otak pada manusia. Pegagan ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman herbal tetapi dapat digunakan sebagai sayuran untuk lalapan atau penambah lauk – pauk, selain itu daun pegagan dapat dijadikan sebuah minuman berkhasiat yang dapat dikonsumsi sehari – hari jika diolah menjadi teh pegagan.

Tanaman pegagan ini dapat diketahui dengan ciri-ciri, sebagai berikut :

1. Tumbuh pada ketinggian 2.500 mdpl

2. Tumbuh dengan kondisi tanyah yang agak lembab, cuku sinar matahari

3. Tumbuh didaerah dataran rendadh ataupun dataran tinggi

4. Termasuk dalam kelompok tanaman liar yang mudah tumbuh di sawah, pekarangan rumah, dan padang rumput. Dapat dijadikan sebagai tanaman boga dan obat untuk keluarga.

5. Memiliki rimpang pendek dengan stolon – stolon yang merayap panjang 10 – 80 cm, bertangkai panjang, berbunga tersusun dalam karangan berupa payung, baunya harum

6. Berdaun merah muda atau putih, berbuah kecil berbentuk lonjong, pipih dengan panjang buah 2 – 2,5 cm. Daunnya terasa pahit tetapi dapat digunakan sebagai lalapan obat penguat lambung.


=====================================

>>> Kapsul Pegagan Melancarkan Sirkulasi Darah Serta Penguat Daya Ingat, Konsentrasi Dan Kecerdasan, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Tanaman Pegagan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pegagan Tumbuhan Nutrisi Bagi Otak Manusia

  1. hirman says:

    Terima kasih sebelumnya atas adanya artikel mengenai pegagan…. sebenarnya saya pengen konsultasi lebih lanjut. Anak saya umur 2thn kena Flek paru2. sudah slesai pengobatan tp masih sering batuk. Kalau dikasih pegagan segar lalu direbus&diambil airnya,takarannya brp? trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>