Tanaman Pegagan

Pegagan juga bersifat menyejukkan atau mendinginkan, menambah tenaga, menimbulkan selera makan, memperindah suara, dan mengurangi dahaga. Disamping itu, pegagan mempermudahkan timbulnya rasa kantuk bagi penderita sulit tidur, menenangkan saraf, memperbanyak sel-sel darah merah, serta menyembuhkan gangguan ringan dihati dan limpa yang membengkak. Selain efem farmakologis pada tanaman pegagan diatas, efek pengobatan lain dari pegagan adalah sebagia anti-infeksi, antiracun, penurun panas, peluruh ar seni (diuretikum), antileora, dan antisifilis.  Efek faramkologis yang berupa antilepra dan antisifilis berasal dari kandungan triterperioda, yaitu asiaticoside dan vellarine. Sementara itu, daun pegagan dapat digunakan sebagai tonikum untuk menambah energy dan meningkatkna stamina. Memakan atau mengonsumsi daun pegagan dalam jumlah sedikit dapat membantu pekerjaan usus dan perut yang terganggu.

Tanaman pegagan mengandung zat saponin, asiatokosida, asam asiatat, dan madekasat yang mampu memacu prodksi kolagen I, yaitu protein pemacu proses penyembuhan luka. Karenanya, tanaman ini bisa digunakan sebabai bahan baku, perawatan kulit muka yang kering dan bersisik. Perawatan kulit yang dimaksud perawatan kulit yang mulai kusam, bekerut, atau kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan yang sangat tidak diinginkan, terutama oleh kaum perempuan yang selalu ingin tampil awet muda, cantik, dan sehat. Dengan pegagan, kulit akan direvatilisasi sehinga wajah tampak lebih segar. Sementara itu, pegagan dalam bentuk hand body lotion digunakan untuk perawatan kulit dibagian tubuh lainnya. Efek pemakaian pegagan dalam perawatan kulit ini akan tampak beberapa hari kemudian, yakni kulit terasa lebih halus, tidak kering dan tidak bersisik.

Tanaman pegagan dapat juga digunakan untuk mandu uap agae tubuh terasa lebih segar. Karena sifatnya yang alamiah ini, perawatan kecantikan dengan bahan pegagan mulai diminati oleh banyak orang. Saat ini, sudah banya perusahaan membuat ekstrak pegagan menjadi obat kulit seperti eye shadow, lipstick, antikerut, dan antipenuaan. Pegagan dianggap sebagai satu-satunya obat yang manjur sekali untuk mengobati lepra. Zat asiaticoside yang dikandung pegagan dapat mengalahkan bakteri penyebab lepra dengan jalan menembus lapisan lilin ata wax yang melindungi bakteri dan kemudian mematikan bakteri tersebut.

pegagan

Tanaman pegagan tumbuh subur sepanjang tahun, baik pada musim kemarau maupun musim penghujan. Lahan tempat tumbuhnya pun tidak memerlukan penanganan yang spesifik atau perawatan khusus. Disebabkan sifatnya inilah, pegagan dapat dipilih sebagai tanaman penutup tanah atau cover crop dalam uoaya penghijauan lingkungan, terutama lahan-lahan kosong, seperti perkebunan. Budi daya atau penanaman pegagan ini sudah banyak dilakukan, baik dipekarangan maupun dikebun sebagai apotek hidup. Sementara itu, bentuk daunnya yang unik dan berwarna hijau memungkinkan herbal ini ditanam di pot sebagai tanaman hias. Pemanfaatan pegagan sebagai background taman akan sangat baik untuk menimbulkan kesa cerah dan rapi.


=====================================

>>> Kapsul Pegagan Melancarkan Sirkulasi Darah Serta Penguat Daya Ingat, Konsentrasi Dan Kecerdasan, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Tanaman Pegagan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>